Sosial Entrepreneur, Inovasi dalam Pembelajaran


Teman-teman!

Buat anda yang belum tahu dan sekaligus penegasan bagi yang sudah tahu, saya bercita-cita menjadi seorang entrepreneur!

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITB, normalnya mahasiswa ITB (saya juga sempat terpikirkan) berencana akan bekerja di perusahaan asing atau perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, karena selain menawarkan gaji yang memang lebih tinggi dari rata-rata perusahaan lain, tentunya ditambah perusahaan tersebut memang bergengsi sehingga karier akan cepat melejit, apalagi dengan membawa nama sebagai lulusan ITB yang akhirnya membuat mereka merasa pantas untuk menerima semua itu. Itu semua pilihan, tidak ada yang salah. Walaupun sebenarnya itu tergantung kemampuan masing-masing (tapi saya yakin mahasiswa ITB yang tidak bermasalah dengan kuliahnya pasti mampu). Memang hidup ini penuh pilihan yang seringkali suatu pilihan mengorbankan pilihan lainnya, tapi karena sejak lahir sampai sekarang saya adalah orang yang sangat menyukai tantangan dan kurang suka pada hal-hal yang monoton jadi saya bercita-cita menjadi entrepreneur, sesuai cita-cita masa kecil selain astronot, yaitu bisnisman (karena saat kecil yang terbayang adalah sosok pria keren memakai jas).

Lalu apakah sosial entrepreneur itu?

Sosial entrepreneur  melihat masalah sebagai peluang untuk membentuk sebuah model bisnis baru yang bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat sekitar. Hasil yang ingin dicapai bukan keuntungan materi atau kepuasan pelanggan, melainkan bagaimana gagasan yang diajukan dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat, begitu kurang lebih menurut bang Wiki. Yah, kira-kira begitu juga lah yang ingin saya lakukan dimulai sejak semasa menjadi mahasiswa ini. Saya ingin merintis sebuah grup bisnis yang tujuan utamanya bukan uang, melainkan sosial, dengan tetap mengedepankan inovasi dan perkembangan, bisa membantu orang lain memperoleh tambahan uang dengan memberi pekerjaan, membantu menyediakan produk yang memang dibutuhkan, dan semoga bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk disumbangkan ke kotak amal.

Kenapa saya memilih sosial di sini? Tentunya mungkin karena semangat kemahasiswaan saya yang sedang menggebu-gebu (semoga semangat itu selalu terjaga walaupun nantinya sudah lulus dan statusnya bukan mahasiswa lagi), dan yang terpenting saya ingin menggabungkan visi hidup saya, yaitu menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama dengan cita-cita menjadi seorang entrepreneur. Saya ingin mematahkan anggapan buruk banyak orang bahwa bisnisman itu kebanyakan licik, banyak berbuat curang, saling menjatuhkan, dan suka menekan pihak yang lemah. Saya ingin membuktikan  bahwa tidak semua bisnisman seperti itu, saya ingin menjadi bisnisman yang peduli pada masyarakat, atau setidaknya lingkungan sekitar. Lalu kenapa saya tidak mengutamakan uang? Pertama, memang sudah ajaran dari orang tua sejak kecil bahwa kita jangan sampai di perbudak oleh uang, saya sendiri beranggapan uang bukan segalanya, sudah banyak contohnya orang yang jatuh karena terlalu berorientasi pada materi, lalu kebetulan tadi saya menonton film drama, judulnya Nobuta wo Produce, secara keseluruhan filmnya tidak terlalu bagus, tapi saya cukup tertarik karena cerita dalam salah satu episodenya menunjukkan bahwa kesuksesan tidak ditentukan dari uang.

Saat ini semua itu memang baru rencana, karena bisnis yang saya jalani selama ini masih berorientasi hanya pada keuntungan. Tapi, saya akan berusaha menjaga semangat ini untuk mewujudkannya, saya mohon doanya dari teman-teman. Saya menulis rencana saya disini dan sangat menganjurkan teman-teman untuk menulis dan mendeklarasikan rencananya, tidak lain karena saya ingin agar kita bisa saling mengingatkan  akan komitmen masing-masing, agar kita bisa saling memberi semangat ketika menghadapi kesulitan, dan saling mendoakan keberhasilan kita semua. Terima kasih.

Keep fighting!! Tetap semangat dan fokus pada tujuan!!!

Leave a Reply

