Berkah Awal Tahun


Hai sahabat-sahabatku yang selalu berbahagia 🙂

Kali ini saya ingin berbagi kebahagiaan dengan teman-teman semua, sama dengan postingan sebelumnya, lagi-lagi saya mendapat tambahan semangat baru untuk cita-cita saya, Entrepreneur Sejati!!

Secercah inspirasi ini saya peroleh ketika secara tidak sengaja saya mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh himpunan saya sendiri, Himpunan Mahasiswa Informatika ITB (HMIF ITB), dengan tema ITpreneurship.

Beruntung sekali hanya karena hasrat ala kadarnya untuk mengikuti seminar ini, saya bisa bertemu dua orang yang cukup membangkitkan semangat. Pertama, Bapak Budi Rahardjo, seorang dosen “nyentrik” Teknik Elektro ITB dan yang kedua adalah Bapak Bambang Juwono, founder Pesona Edu, perusahaan yang bergerak di bidang software pendidikan.

Pada sesi pertama yang diisi oleh Pak Budi Rahardjo, beliau menceritakan sedikit pengalaman hidupnya yang cukup memberi inspirasi bagi saya. Beliau pernah mencoba mengawali karier sebagai entrepreneur tepatnya sebagai wiraswasta ketika beliau masih berstatus sebagai mahasiswa di Kanada dengan membuka ISP (Internet Service Provider), tetapi usaha beliau tersebut ternyata kandas ditengah jalan. Sifat pantang menyerah mendorong dosen yang katanya asik ini untuk memulai usaha baru yang ketika seminar tidak sempat saya catat karena memang cukup banyak, tetapi dari sejumlah perusahaan hasil kreasinya yang terbilang tidak sedikit itu sebagian besar diantaranya memang mengalami kegagalan dan terpaksa harus ditutup. “Seorang entrepreneur memang lebih banyak gagalnya daripada suksesnya”, adalah kata-kata beliau yang bisa kita jadikan motivasi untuk pantang menyerah bagi kita yang memang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur sejati.

Khusus untuk bidang IT, beliau mengungkapkan ada empat poin utama yang harus dimiliki jika ingin memulai usaha dibidang yang saya minati tersebut.

  1. Human Resources
  2. Ideas
  3. Passion
  4. Persistence – never give up

Awal sesi kedua diisi dengan cerita mengenai awal pendirian Pesona Edu. Bapak Bambang Juwono muda adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Sipil, setelah serangkaian cerita susah senang, jatuh bangun dan proses-proses panjang yang mengiringi, tak disangka tak dinyana beliau sekarang menjadi pengusaha dibidang Teknologi Informasi khususnya pendidikan, sebuah jalan hidup baru yang sama sekali berbeda dengan yang beliau pelajari sebelumnya di bangku kuliah.

Sekian banyak cerita-cerita hidup dari kedua tokoh tersebut memberi sangat banyak pelajaran bagi saya, tetapi diatas semuanya saya merasa bersyukur karena keikutsertaan saya pada seminar tersebut telah membangkitkan kembali impian yang sempat tertidur, membakar kembali semangat saya untuk meretas jalan menjadi seorang entrepreneur hebat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s