Hati-Hati Pemaksaan Ideologi


gambar diambil dari : http://nspt4kids.com/

Wah, baca judulnya saja sudah berat ya? haha.

Tenang saja, disini saya tidak akan mengajak berpikir terlalu berat, karena sebenarnya hal ini bukan untuk dipikirkan dengan kepala kita yang gampang pusing ini, hehe. Cukup lah direnungi dan dirasakan dengan hati nurani.

Siapa pernah jadi panitia OS (Orientasi Studi)? Pasti banyak kan ya?

Dalam OS, kita yang panitia berusaha sekuat mungkin agar peserta OS melakukan apa yang kita rancang agar mereka menjadi seperti yang kita mau. Jadinya, kalau ada yang salah-salah langsung dimarahi dengan dalih ini demi kebaikan mereka, tapi bagaimana kalau sampai ada peserta yang dibenci, dimusuhi, dll karena tidak sesuai dengan kemauan panitia? Oke, tidak semua seperti itu, tapi harus diakui ada yang seperti itu.

Yakinkah kamu kalau apa yang kamu sampaikan/perintahkan itu benar? Bro, sadarlah kita ini manusia yang banyak salahnya! Lalu kenapa memaksa, sementara agama saja tidak memaksa? Silahkan disimpan dalam hati saja jawabannya.

IMHO, tidak salah kalau kita punya keyakinan kuat atas prinsip kita, it’s okay kalau kita mau menyampaikan keyakinan kita ke banyak orang, tapi saya rasa jelas bukan ide yang bagus untuk memaksakannya ke orang lain.

Kalau yang kita paksakan ternyata salah, lalu orang lain ikut salah, kita juga yang kena dosanya kan?

Saya pun tidak memaksakan soal ini (biar menjiwai tulisannya,hehe), toh kita bertanggung jawab atas diri masing-masing, saya hanya berpendapat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s