Review Blog “Trend Insights”


okkypratama-tinsiders

Blog Trend Insights (tinsiders.blogspot.com) sesuai dengan tagline-nya “designs. inspirations. innovations” merupakan sebuah blog yang memuat konten seputar dunia kreativitas dan inovasi. Konten yang disajikan dalam blog ini bermacam-macam bentuknya namun secara umum didominasi oleh desain produk, selain itu beberapa diantaranya berupa arsitektur bangunan, video mengenai kreativitas, dan hal-hal lain yang terbilang “outside the box”. Konten dalam blog ini terdiri dari berbagai tema yang direpresentasikan dalam bentuk label. Label yang ada antara lain advertising, architecture, automotive, design, fashion, dan food and beverages. Secara umum dapat dibilang blog ini “sealiran” dengan konferensi TED, sama-sama menyajikan hal-hal unik dengan berbagai tema berbeda yang merangsang kreativitas, hanya saja keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Ketika pertama membukan blog ini, pengunjung akan dihadapkan pada tampilan Flipcard seperti pada gambar diatas. Selain tampilan default tersebut, pengunjung situs dapat memilih jenis tampilan lain yang lebih disukai, pilihannya yaitu Classic, Magazine, Mosaic, Sidebar, Snapshot, dan Timeslide. Khusus untuk tampilan Flipcard, pengunjung diberikan pilihan untuk menampilkan konten yang ada berdasarkan post terbaru, tanggal, label, dan author.

okkypratama-kitkat

Dari segi konten, dengan berbagai tema yang disajikan membuat blog ini tidak terbatas pada segmen tertentu saja. Mau arsitek, desainer produk, desainer web, pelaku industri kreatif, sampai mahasiswa pun relevan selama mereka menyukai hal-hal berbau kreatif.

Dari segi tampilan, default yang diberikan yaitu jenis Flipcard membuat pengunjung “dibombardir” karena memang konten yang bervariasi dan jumlahnya banyak itu ditampilkan sekaligus dalam satu layar. Hal tersebut memang sesuai dengan karakter orang-orang kreatif yang kebanyakan lebih menyukai hal-hal yang tidak terlalu terstruktur. Meskipun demikian, tampilan  kurang user friendly, terutama karena tiap post ditampilkan terlalu kecil bahkan beberapa masih diwakili hanya dengan tulisan judul sehingga kurang meng-emphasize keunikan dari masing-masing post tersebut. Jika dibandingkan dengan situs lain dengan tema yang serupa seperti Coroflot dan Behance, jelas bahwa Trend Insights perlu melakukan perbaikan dari segi tampilan agar lebih menampakkan ciri khas dan sisi menarik dari tiap post-nya sehingga lebih memudahkan pengunjung menemukan konten yang disukainya.

Walaupun masih memiliki beberapa kekurangan, tetapi secara umum blog ini dapat dijadikan alternatif bagi creativist atau innovator yang ingin mencari inspirasi dan ide-ide unik yang “out of the box”.

*gambar diambil dari: http://tinsiders.blogspot.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s