Perlukah Kampanye “100% Produk Indonesia”?


Sebuah usaha yang bagus ketika para marketer dan entrepreneur mulai menggalakkan semangat 100% produk Indonesia. Dengan semangat tersebut diharapkan pengusaha-pengusaha Indonesia terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk lokal terbaik yang mampu bersaing bahkan di pasar global. Saat ini sudah ada beberapa produk buatan Indonesia yang menembus pasar sampai ke luar negeri, diantaranya:

  1. J-Co donuts                                                                                        okkypratama-jco
  2. Polygon                                                                                  okkypratama-polygon
  3. Eiger                                                                                          okkypratama-eiger

Jika diperhatikan dengan seksama, walaupun produk-produk diatas asli Indonesia tetapi ketiganya bisa dibilang bergaya “Internasional” dan tidak menggembor-gemborkan bahwa produk tersebut buatan Indonesia. Pembentukan brand memang menjadi pilihan masing-masing disesuaikan dengan target pasar yang akan dituju. Positioning, Differentiation, dan Branding yang dilakukan memang harus memiliki karakter yang sejalan dengan calon customer. Karena saya memang bukan ahli ataupun praktisi marketing, kesimpulan singkat dari pemikiran sempit saya adalah kalau ingin tembus pasar Internasional jadilah “Internasional”, yang “lokal” cukup lah untuk lokal saja.

Kritik dan saran dari ahli marketing sangat diharapkan. Terima kasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s