Smart City, Munginkah Ada di Indonesia?


Jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan dalam 25 tahun ke depan. Akibatnya bisa kita bayangkan, jumlah orang semakin banyak, sementara jumlah sumberdaya seperti ketersediaan lahan, hasil alam, fasilitas umum malah cenderung berkurang, kalau dihitung secara kasar maka setiap individu di Indonesia ini semakin lama akan mendapat “jatah” sumberdaya yang semakin sedikit. Masalah tersebut sebenarnya dialami oleh negara manapun di dunia terutama yang angka pertumbuhan penduduknya positif.

okkypratama-smart-city-1Ketika sumber daya yang sifatnya material semakin terbatas, justru ini lah saatnya membuktikan pernyataan “aset paling berharga dari sebuah organisasi, perusahaan, atau negara adalah sumber daya manusianya”. Saatnya bagi kita, dengan segala upaya dengan kecerdasan, kreativitas, kerja keras, dan kerja sama untuk mengelola sumber daya yang ada sehingga keterbatasan itu bukan menjadi masalah. Dengan solusi yang tepat, dalam keterbatasan pun kehidupan kita masih bisa lebih baik daripada sebelumnya. Usaha yang mulai berkembang saat ini adalah konsep yang disebut dengan smart city. Mengapa kota? tentu saja karena kota merupakan pusat kehidupan di suatu negara, selain itu permasalahan masyarakat pun banyak berpusat di kota.

Smart city dapat diidentifikasi dari enam aspek, yaitu:

  • smart economy
  • smart mobility
  • smart environment
  • smart people
  • smart living
  • smart governance

Salah satu contoh konkret mengenai smart city adalah konsep yang diteliti dan dikembangkan oleh sebuah tim di MIT yang dipimpin oleh Kent Larson. Konsep tersebut dapat dilihat di video berikut.  

Informasi yang lebih lengkap mengenai contoh-contoh kota yang memiliki konsep smart city dapat dilihat di situs http://www.smart-cities.eu/.

Smart city, mungkinkah ada di Indonesia?

Tulisan ini memang tidak menjawab pertanyaan tersebut, justru ini menjadi tantangan bagi kita. Pertanyaan tersebut tidak perlu dijawab dengan kata-kata, cukup lah dijawab dengan aksi yang membuktikan kemana anak muda yang menjadi generasi penerus ini membawa Indonesia di masa depan.

gambar diambil dari: http://www.dailydealmedia.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s