Review: TopRank (Online Marketing Blog)


okkypratama-toprank1

Review kali ini mengenai sebuah situs atau blog yang beralamat di http://www.toprankblog.com/. Blog ini ditulis oleh TopRank Online Marketing, sebuah agensi digital marketing yang didirikan oleh Lee Odden dan Susan Misukani yang membantu perusahaan lain dalam hal marketing secara online. Perusahaan-perusahaan yang menjadi klien dari TopRank Online Marketing memanfaatkan jasa mereka dalam hal konsultasi(consulting), pelatihan, dan implementasi layanan. Beberapa pekerjaan bersifat konsultasi yang pernah dikerjakan oleh TopRank Online Marketing antara lain:

  • Membantu retailer kain B2C untuk meningkatkan traffic website-nya sampai 200% memanfaatkan search engine optimization(SEO).
  • Membantu perusahaan start-up marketing automation B2B tumbuh sampai melebihi 1200 pelanggan dalam 3,5 tahun dengan SEO dan blog marketing.
  • Membantu retailer game online meningkatkan website traffic hingga 300.000 pengunjung per bulan melalui social media marketing dan SEO.

okkypratama-toprank

Blog ini sendiri dibuat pada tahun 2003 oleh salah satu founder yaitu Lee Odden. Secara umum, kontenTopRank Online Marketing Blog terkait dengan hal-hal yang menjadi spesialisasi perusahaan termasuk diantaranya:

  1. Search engine marketing dan optimization
  2. Social media marketing
  3. Content Marketing
  4. Business blogging dan marketing
  5. Online public relation

Jika diperhatikan, latar belakang pembuatan blog ini tampaknya tidak hanya untuk memberikan insight mengenai hal-hal yang telah disebut diatas, tetapi juga menerapkan “ilmu” yang dimiliki untuk memasarkan perusahaan sendiri, khususnya melalui content marketing dan business blogging. Konten yang disajikan dalam blog ini cukup menarik, meskipun belum komprehensif, tetapi mampu memberikan gambaran awal mengenai topik-topik yang termasuk dalam online marketing(tentu saja untuk pengetahuan yang mendalam baru bisa didapatkan dengan memanfaatkan jasa konsultasi yang disediakan). Dengan konten yang memberikan pengetahuan yang cukup luas meskipun kurang mendalam justru membuatnya lebih mudah dipahami oleh orang awam, tentunya yang seperti itu bermanfaat terutama bagi para “pemula” seperti pelaku usaha start-up atau orang yang baru mengenal online marketing.

Meskipun kontennya cukup menarik, namun menurut saya ada kekurangan dari segi tampilan. Desain tampilan blog ini menurut saya biasa saja, kurang spesial dan kurang menunjukkan karakter tertentu. Padahal umumnya perusahaan yang bergerak di bidang marketing sangat memperhatikan desain untuk menggambarkan karakter perusahaan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s