Ide/Ilham


plainpapergambar diambil dari: http://wallpoper.com/

Bagaikan pesawat kertas yang terbang tidak beraturan kesana kemari, kemudian secara kebetulan menabrak kening. Seperti itu lah kira-kira bagaimana sebuah Aha! moment terjadi, ketika benda “gaib” yang kita kenal dengan nama ide, ilham, atau pencerahan.

Berawal dari perenungan pribadi saya sebelum khutbah shalat Jumat kemarin(25/1/13). Waktu saya berangkat lebih awal jadi masih ada beberapa lama sebelum adzan. Setelah shalat tahiyyatul masjid sebentar, saya pun langsung melanjutkan dengan duduk di masjid sambil merenung. Di tengah renungan saya itu tiba-tiba saja muncul ide tentang sebuah acara yang sedang saya persiapkan. Ritual “merenung” sebelum shalat jumat ini lumayan sering saya lakukan karena saat itu lah hampir selalu saja ada ide yang muncul. Berhubung momennya menjelang shalat jumat, iman lagi meninggi, saya baru sadar bahwa rasanya belum pernah mengucap syukur Alhamdulillah setiap kali saya mendapat ide baru. Padahal apa pun yang terjadi pada kita itu terjadi atas seizin Yang Maha Kuasa, termasuk juga ketika sebuah inspirasi terlintas di kepala out of nowhere.

Berapa banyak diantara kita yang menganggap dirinya kreatif dan banyak ide? Pernah kah bersyukur atas ide itu?

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

 

1 thought on “Ide/Ilham

  1. ans4175

    Dulu orang disebut ‘genius’ karena percaya bukan hanya dirinya saja bisa ada pikiran itu, tapi karena didampingi ‘genie’ semacam makhluk halus. Menurut saya jenius itu ilham dan hadiah Tuhan

    Reply

Leave a comment